Berita

Audit Kinerja, Irjen Bangun Good Governance dan Clean Government

(iainfmpapua.ac.id) – Dengan melaksanakan audit kinerja, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) berupaya turut membangun Good Governance dan Clean Government. Pengendali Teknis Itjen Kemenag Imron Fauzi menyampaikan hal ini dalam kegiatan Audit Kinerja Tahun 2020 IAIN Fattahul Muluk Papua, di Ruang Senat Kampus, Jalan Merah Putih, Buper waena, Kota Jayapura, 10 November 2021.

Pengendali Teknis Itjen Kemenag Imron Fauzi

“Kami berupaya membangun sistem dan mendorong terwujudnya Kementerian Agama menjadi lembaga yang baik dan bersih atau Good Governance dan Clean Government,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pengawasan fungsional terhadap audit dengan melihat, membandingkan, mengukur dan menilai kinerja Satuan Kerja (Satker). “Tidak hanya menilai, kami juga memiliki peran sebagi konsultan yaitu melakukan bimbingan, dan konsultasi terhadap peningkatan kinerja, berbasis hasil pengawasan, jadi tidak perlu sungkan untuk bertanya,” jelasnya. Tujuan audit kinerja adalah menilai keberhasilan pelaksanaan tugas dan fungsi IAIN Fattahul Muluk Papua, memberikan informasi, serta rekomendasi dan saran untuk perbaikan di masa depan.  “Apakah kinerja yang dilakukan sudah mengandung unsur 3 E, yaitu ekonomis, efisien dan efektif?” tandasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa ruang lingkup yang akan diaudit meliputi aspek kegiatan, aktivitas, program, atau bidang-bidang organisasi yang dibiayai oleh sumber dana APBN berupa DIPA atau RKA K/L. ”Ruang lingkup audit yaitu melakukan pengujian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan hingga pencapaian hasil atau Outcome,” paparnya.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd meminta seluruh civitas akademik IAIN Fattahul Muluk Papua bekerjasama mewujudkan pelaksanaan audit kinerja dengan sebaik-baiknya. “Kami siap memfasilitasi dokumen yang dibutuhkan untuk kelancaran kegiatan kita,” urainya mewakili Rektor.

Warek I berharap agar evaluasi ini dapat menjadikan IAIN lebih baik di masa yang akan datang.

Pembukaan kegiatan Audit Kinerja ini dihadiri seluruh pejabat dan unsur pimpinan fakultas serta kepala unit di lingkup IAIN Fattahul Muluk Papua. Kegiatan digelar dengan penerapan protokol kesehatan. (*)

Spread the love

Leave a Reply